ALIRAN ENERGI DAN DAUR BIOGEOKIMIA


A.      Standar  Kompetensi
Menganalisis komponen ekosistem dan siklus biogeokimia

B.       Kompentensi Dasar
Mendeskripsikan peranan komponen ekosistem dalam siklus biogeokimia

C.    Deskripsi Materi

Apa yang akan kalian pelajari?
Pada sub bahasan ini kalian akan mempelajari tentang aliran energi dan daur biogeokimia. Apakah itu penting? Penting sekali. Kalian akan tahu mengapa alam yang kalian huni ini bisa bekerja secara seimbang. Ternyata anak-anak, keseimbangan bumi kita ini bergantung pada aliran energi dan daur materi. Lho, kok bisa? Tentu bisa!

Apa kalian masih ingat konsep rantai makanan? Menurut kalian apa yang akan terjadi bila salah satu komponen rantai makanan mati. Oke, rantai makanan terputus. Kemudian konsumen puncak tidak memperoleh mangsa dan pada akhirnya mati kelaparan. Sebaliknya bila predator dimusnahkan, mangsa akan berkembang biak dengan cepat.  Kondisi semacam itu akan menimbulkan ketidakseimbangan dalam ekosistem.

Nah, anak-anak, rantai makanan menjadi jalur alir bagi energi dan materi di bumi. Materi bahkan mengalami siklus atau daur yang melibatkan proses biologis, geologis, dan kimia. Itulah sebabnya disebut dengan daur biogeokimia.

Pada sub bahasan aliran energi kalian akan mempelajari:
  1. Konsep rantai makanan
  2. Jaring-jaring makanan
  3. Aliran energi
  4. Piramida ekologi
Setelah itu, kalian belajar siklus/daur materi yaitu daur biogeokimia. Pada sub bahasan daur biogeokimia hanya ada 6 macam daur yang akan kalian pelajari, antara lain:
  1. Daur Air/Hidrologi 
  2. Daur Karbon (C)
  3. Daur Nitrogen (N)
  4. Daur Oksigen (O) 
  5. Daur Fosfor (P)
  6. Daur Sulfur (S) / Belerang
Secara singkat konsep bahasan aliran energi dan daur biogeokimia digambarkan dalam skema berikut.


Skema Aliran Energi dan Daur Materi

D.     Tujuan pembelajaran
  1. Siswa dapat menjelaskan konsep aliran energi pada suatu rantai makanan
  2. Siswa dapat menyebutkan faktor-faktor penyebab hilangnya energi pada rantai makanan
  3. Siswa dapat membuat skema rantai makanan dan jaring-jaring makanan suatu ekosistem
  4. Siswa dapat mengkaitkan konsep rantai makanan dalam permasalahan kehidupan lingkungan sekitar.
  5. Siswa dapat mendeskripsikan perbedaan ketiga macam piramida ekologi
  6. Siswa dapat menjelaskan konsep daur biogeokimia dan peranannya dalam ekosistem
  7. Siswa dapat menjelaskan daur biogeokimia melalui gambar/skema
  8. Siswa dapat menyebutkan peranan mikroorganisme pada daur nitrogen
(poin 1-5 = aliran energi, poin 6-8 = daur biogeokimia)