DAUR FOSFOR (P)

Kompetensi Dasar : 
Mendeskripsikan peran ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia

Tujuan :
 

Siswa dapat menjelaskan konsep daur fosfor melalui skema
Siswa dapat menyebutkan peranan daur fosfor 
_________________________________________________________________________________

A.    FOSFOR

Tahukah kalian apa itu fosfor?

Tulang kita mengandung fosfor, pupuk tanaman mengandung fosfor, feses hewan terutama unggas juga mengandung fosfor. Apa sih sebenarnya fosfor itu dan bagaimana fungsinya dalam kehidupan organisme. Mari kita pelajari bersama pada pembahasan ini.

Simbol fosfor dalam unsur kimia diwakili oleh huruf  : P (Phosphor). Di alam fosfor bersenyawa dengan unsur lain membentuk ion-ion fosfat anorganik (PO4). Tumbuhan hanya menyerap fosfor dalam bentuk senyawa fosfat.  

B.     FUNGSI FOSFOR

Fosfor adalah unsur penting bagi kehidupan organisme. Berbagai macam fungsi fosfor antara lain sebagai berikut:

1.      Sebagai bahan pembentukan tulang pada hewan
2.      Penyusun protein, inti sel dan dinding sel
3.      Pembentuk senyawa berenergi tinggi (ATP)
4.      Sebagai komponen penyusun asam nukleat (RNA dan DNA)


Gambar P.1 Tulang mengandung fosfor

Tulang yang kekurangan fosfor akan mengalami pengeroposan. Fosfor pada tulang sama pentingnya dengan kalsium yaitu 1 banding 2 (P:Ca=1:2). Fosfor adalah salah satu unsur makro tanaman yang berguna bagi pertumbuhan benih, akar, bunga dan buah. Kekurangan fosfor (defisiensi) mengakibatkan pertumbuhan tanaman terganggu. Perakaran tidak sempurna, tepi daun kecoklatan hingga rontok serta pembentukan biji yang gagal. Nah, menggunakan pupuk dengan kandungan fosfat adalah cara terbaik mengatasinya. Pupuk dengan kandungan fosfor tinggi misalnya pupuk superfosfat. Ada 3 jenis superfosfat dengan kadar persen fosfat berbeda, yaitu engkel superfosfat (ES) 15%, double superfosfat (DS) 30%, dan triple superfosfat (TS) 45%. Selain itu ada juga pupuk campuran seperti pupuk NPK yang mengandung ammonium hidrogen fosfat (NH4H2PO4).


C.    SUMBER FOSFOR

Fosfat anorganik paling banyak ditemukan pada batuan fosfor. Fosfat organik ditemukan pada tubuh makhluk hidup. Fosfat organik keluar dari jasad hidup melalui dekomposisi bakteri dan dekomposer.

Di beberapa tempat di pinggiran pantai seperti pesisir Peru ditemukan timbunan feses guano yang banyak mengandung fosfor. Feses guano adalah istilah feses untuk burung dan kelelawar. Burung penghasil guano yaitu spesies burung laut yang hidup secara berkoloni yaitu Pelecanus occidentalis. Fosfor guano dikenal memiliki kadar fosfat tinggi. Sehingga dimana ada timbunan feses guano, disitu juga terdapat industri pupuknya. Konon pemerintah juga menerapkan pajak yang lumayan bagi para pengusaha pupuk guano ini. Di Indonesia sendiri Guano banyak dipanen di daerah Sulawesi, Maluku, Kalimantan, Papua, Sebagian Sumatera, Madura, dan Nusa Tenggara, dengan sentra pengolahan lebih banyak di daerah Jawa Timur.


Gambar P.2 Pupuk guano mengandung fosfat yang tinggi (a) Pupuk guano siap jual,
(b). Burung guano, (c) aktivitas pengerukan feses guano, (d) Koloni burung guano,.


D.    DAUR FOSFOR

Sebagaimana mineral lain (nitrogen, belerang, karbon) fosfor juga mengalami daur biogeokimia. Perhatikan gambar daur fosfor berikut.


Gambar P.3 Skema Daur Fosfor

Penjelasan :

1.      Sebagian besar ketersediaan fosfor dalam tanah berasal dari pelapukan batuan fosfat. Batuan tersebut lapuk oleh perubahan cuaca. Fosfat dari pelapukan batuan fosfat meresap ke dalam tanah dan menyuburkan tanaman sekitarnya.

2.      Fosfat anorganik yang tersedia di dalam tanah diserap tumbuhan. Hewan tidak dapat menyerap fosfat anorganik. Hewan hanya mampu menyerap fosfat organik. Kebutuhan fosfor organik ini terpenuhi dengan cara memakan tumbuhan melalui proses rantai makanan.

3.      Tumbuhan dan hewan yang mati, feses, dan urinnya akan terurai menjadi fosfat organik. Bakteri menguraikan fosfat organik ini menjadi fosfat anorganik. Fosfat ini akan tersimpan ke dalam tanah kembali dan diserap oleh tumbuhan.

4.      Di dalam ekosistem air, juga terjadi daur fosfor. Fosfat yang terlarut di dalam air diserap oleh ganggang dan tumbuhan air. Ikan-ikan mendapatkan fosfat melalui rantai makanan. Dekomposer menguraikan organisme air yang mati serta hasil ekskresinya menjadi fosfat anorganik.

5.      Selain hasil urai dekomposer, sumber fosfat dalam air berasal dari pelapukan batuan mineral (endapan batuan fosfat, fosil tulang) yang hanyut di perairan. Fosfat yang terlarut di lautan dalam akan membentuk endapan fosfor.  Endapan ini tidak dapat dimanfaatkan lagi karena tidak ada arus air di perairan dalam. Fosfat yang terlarut di perairan dangkal teraduk oleh arus air sehingga menyuburkan ekosistem. Ekosistem yang subur menjadi tempat hidup bagi banyak biota air.

6.      Di tempat tertentu, terjadi penimbunan fosfor karena penumpukan kotoran burung guano. Burung guano adalah spesies burung laut yang memangsa ikan-ikan laut. Gerombolan burung ini membawa kembali fosfat dari laut menuju darat melalui feses.

Perhatikan video daur fosfor berikut ini. Download


Video P.1 Daur Fosfor

E.     RINGKASAN
  • Fosfor di alam berbentuk fosfat organik dan anorganik.
  • Tumbuhan menyerap fosfat anorganik dari tanah dan hewan mendapatkan fosfat organik melalui rantai makanan.
  • Fungsi fosfor antara lain sebagai bahan pembentukan tulang pada hewan, penyusun protein, pembentuk senyawa berenergi tinggi (ATP), sebagai komponen penyusun asam nukleat (RNA dan DNA)
  • Sumber fosfor berasal dari pelapukan batuan fosfor, hasil penguraian organisme yang mati dan hasil penguraian urin dan feses.
Download materi daur fosfor ini dalam PDF.

F.     REFERENSI

Buku
  • Sri Pujianto. 2011.  Buku biologi “Menjelajah Dunia Biologi 1”. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
  • Istamar Syamsuri. 2005. Buku biologi SMU Jilid 1B. Jakarta : Erlangga
Buku Sekolah Elektronik
  • Idun, Kistinah. 2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta :   Pusat Perbukuan,    Departemen Pendidikan Nasional.
  • Fictor Ferdinand P. 2009. Praktis Belajar Biologi 1. Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program     Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Herni Budiati. 2009. Biologi: untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Rikky Firmansyah. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Biologi 1: untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah    Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Sri Widiyati. 2009. Biologi: SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Subardi. 2009. Biologi 1: untuk Kelas X SMA/MA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Riana Yani. 2009. Biologi 1: Kelas X SMA dan MA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
Gambar
  • P.1 : http://www.photo-dictionary.com/phrase/3125/bone.html
  • P.2 : http://naturescrusaders.files.wordpress.com/2009/11/guarney_ballet.jpg
    • http://iesounonies.files.wordpress.com/2012/05/guano2.jpg
    • http://www.visualphotos.com/photo/1x9115359/guanay_cormorant_phalacrocorax_bougainvillii_nesting_colony_species_is_the_number_one_guano_prod_140178.jpg
    • http://images.nationalgeographic.com/wpf/media-live/photos/000/389/cache/the-fallout-of-theguanofever_38933_600x450.jpg?01AD=30svUMgBUUSLnCxA8FjYZR3FZM3QpV2N1DpW9zWkg9bXqjEA3ral8ow&01RI=16095F95C28E066&01NA=
  • P.3 : http://eochemistry.wikispaces.com/file/view/36-17-PhosphorusCycle-L.gif/191761328/443x420/36-17-PhosphorusCycle-L.gif
Website
  • http://cms.1m-bio.com/gejala-kekurangan-unsur-hara-pada-tanaman/
  • http://www.anneahira.com/fosfor.htm

G.    LATIHAN SOAL

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar.


1.      Sebutkan sumber-sumber penyedia fosfor di bumi.
2.      Sebutkan peranan fosfor dalam bidang pertanian.
3.      Jelaskan mengapa sebagian fosfor hilang di wilayah perairan.
4.      Jelaskan bagaimana proses kembalinya fosfor dari perairan ke daratan.
5.      Gambarkan skema daur fosfor dan berilah penjelasan singkat.

3 komentar:

fosfor memang memiliki peran penting memenuhi kebutuhan pupuk dalam tanaman.

Terimakasih sangat membantu^^