DAUR HIDROLOGI

Kompetensi Dasar    : 
Mendeskripsikan peran ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia

Tujuan    : 
Siswa dapat menjelaskan konsep daur hidrologi melalui skema
________________________________________________________________________

A.    AIR

Adakah organisme yang mampu hidup tanpa air?
Tentu tidak ada, air sangat penting bagi kehidupan organisme. Tubuh kita 75%-nya terdiri atas cairan. Cairan tersebut mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh. Zat-zat tersebut hanya larut dalam cairan dapat didistribusikan ke bagian-bagian tubuh kita.

Air juga habitat dari beberapa banyak organisme seperti ikan dan plankton. Tanpa air mereka akan mati. Bahkan bakteri dan jamur hanya tumbuh di lingkungan dengan syarat kelembapan yang cukup.


B.    FUNGSI AIR

Semua organisme membutuhkan air untuk kehidupannya. Tumbuhan membutuhkan air untuk berfotosintesis. Hasil fotosintesis digunakan organisme lain untuk hidup. Manusia dan hewan membutuhkan air untuk minum. Air menjadi komponen penting dalam mentransfer zat-zat seperti N, S, P dalam siklus biogeokimia. Fungsi-fungsi air antara lain sebagai berikut:

  •     Sebagai pelarut
  •     Pengatur suhu tubuh
  •     Pengatur tekanan osmotik sel
  •     Sarana transportasi zat di dalam tubuh (darah)
  •     Bahan baku fotosintesis
  •     Bagi manusia ; air minum, mandi, mencuci, irigasi, pembangkit listrik, dan pariwisata.

C.    SUMBER AIR

Dua per tiga permukaan bumi dipenuhi oleh air. Sumber-sumber air antara lain dari laut, danau, sungai, dan gunung es.


Gambar H.1 Sumber-sumber air di bumi


D.    DAUR AIR / HIDROLOGI

Secara garis besar daur air dibagi menjadi 3, yaitu :
  1. daur air pendek, hanya terjadi di atas permukaan laut
  2. daur air sedang, terjadi di atas daratan dan air kembali lagi ke laut
  3. daur air panjang. Terjadi di atas permukaan laut dan daratan yang melibatkan proses evapotranspirasi.
Perhatikan daur biogeokimia air berikut.


Gambar H.2 Daur Air

1.    Daur hidrologi diawali melalui proses penguapan. Adapun penguapan ini berasal dari :
  • Evaporasi : pengupan air (danau, laut, sungai) oleh panas matahari
  • Transpirasi : penguapan air oleh aktivitas fotosintesis tumbuhan
  • Respirasi : penguapan air oleh aktivitas pernafasan makhluk hidup
2.    Awan bergerak menuju permukaan daratan karena tertiup angin.

3.    Awan yang berkumpul semakin berat dan pengaruh suhu yang rendah (kondensasi) mengakibatkan uap air menjadi titik-titik hujan (presipitasi), salju, atau es.

4.    Air yang jatuh ke permukaan daratan dimanfaatkan oleh makhluk hidup untuk kebutuhan hidupnya. Tumbuhan menyerap air dari dalam tanah untuk berfotosintesis kemudian melepaskan uap air melalui transpirasi. Hewan dan manusia menggunakan air untuk minum dan melepaskan uap air selama respirasi dan ekskresi.

5.    Sebagian besar air hujan yang jatuh ke daratan meresap ke dalam tanah dan bergerak ke tempat yang lebih rendah karena pengaruh gravitasi.

6.    Air mengalir kembali ke laut melalui sungai dan aliran air di bawah tanah.

Perhatikan video Daur air/hidrologi di bawah ini. Download 


Video H.1 Daur air/hidrologi


E.    RINGKASAN
  • Sumber-sumber air antara lain dari laut, danau, sungai, dan gunung es.
  • Air menjadi komponen penting dalam mentransfer zat-zat dalam siklus biogeokimia, sebagai pelarut, pengatur suhu tubuh, pengatur tekanan osmotik sel, sarana transportasi zat di dalam tubuh (darah), bahan baku fotosintesis
  • Fungsi air bagi manusia antara lain untuk air minum, mandi, mencuci, irigasi, pembangkit listrik, dan pariwisata.
  • Secara garis besar daur air dibagi menjadi 3, yaitu daur air pendek, daur air sedang, dan daur air panjang.
Download materi daur hidrologi dalam bentuk PDF.

F.    REFERENSI
Buku

  • Sri Pujianto. 2011.  Buku biologi “Menjelajah Dunia Biologi 1”. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
  • Istamar Syamsuri. 2005. Buku biologi SMU Jilid 1B. Jakarta : Erlangga

Buku Sekolah Elektronik :

  • Idun, Kistinah. 2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Fictor Ferdinand P. 2009. Praktis Belajar Biologi 1. Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Herni Budiati. 2009. Biologi: untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Rikky Firmansyah. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Biologi 1: untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Sri Widiyati. 2009. Biologi: SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Subardi. 2009. Biologi 1: untuk Kelas X SMA/MA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Riana Yani. 2009. Biologi 1: Kelas X SMA dan MA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Gambar :

  •     H.1 : http://lifeistravelling.wordpress.com/2012/02/01/eksplorasi-keindahan-danau-toba/
      •     http://naturalandadventure.blogspot.com/2011/02/morfologi-daerah-aliran-sungai.html
      •     http://gambarhidup.blogspot.com/2010/09/5-gambar-pemandangan-pantai-favorit.html
      •     http://ngakanasp.blogspot.com/2011/10/apa-yang-terjadi-apabila-seluruh-es-di.html
  •     H.2 : http://puguhdraharjo.files.wordpress.com/2010/03/puguh-dwi-raharjo-siklus-hidrologi.jpg?w=600


G.    LATIHAN SOAL

Kerjakan soal-soal berikut ini dengan benar.

  1. Apa fungsi air dalam kehidupan?
  2. Jelaskan proses-proses terbentuknya awan.
  3. Apa yang akan terjadi bila proses daur hidrologi terganggu?
  4. Coba kumpulkan faktor-faktor yang menyebabkan terganggunya daur hidrologi.
  5. Kota Jakarta selama dekade terakhir selalu dilanda banjir saat musim hujan tiba. Banjir di Jakarta bisa berlangsung selama berminggu-minggu. Kondisi ini mengakibatkan aktivitas masyarakat terganggu. Pemerintah kota Jakarta terus berupaya mengendalikan banjir tahunan ini.........”. Coba analisis faktor-faktor penyebab banjir tahunan di Jakarta berdasarkan pemahaman kalian terhadap daur hidrologi. Kemudian kemukakan saran-saran yang konstruktif (bagi pemerintah Jakarta) dalam menanggulangi permasalahan tersebut.


0 komentar: