Soal Ekosistem


SOAL JAWABAN SINGKAT
(SHORT ANSWER ITEM)

Nama   : _______________________
Absen  : _____
Waktu             : (10 menit)

Isilah soal berikut dengan jawaban yang singkat dan benar.
Sumber energi utama di bumi berasal dari (1) ____________________. Hewan dan manusia tidak mampu memanfaatkan energi tersebut secara langsung. Hanya organisme berklorofil sebagai organisme (2)____________________. yang mampu membuat makanan sendiri dari zat-zat anorganik. Zat organik dari hasil fotosintesis tersebut mengandung energi (3) ____________________ sehingga bisa dikonsumsi oleh hewan maupun manusia sebagai organisme (4) ____________________ yang tidak dapat membuat makanan sendiri. Makhluk hidup hanya menggunakan sekitar 10% energi yang ada, sementara sisanya (90%) hilang sebagai (5) ____________________. Dalam tingkat trofik, tumbuhan hijau berperan sebagai (6) ____________________.Sementara itu, herbivora dan karnifora berturut-turut berperan sebagai (7) ____________________, dan (8) ____________________. Bakteri, jamur dan pemakan detritus berperan sebagai (9) ____________________.peristiwa makan dan dimakan dengan urutan tertentu pada sederetan organisme dinamakan (10) ____________________ yang membentuk hubungan yang lebih kompleks dan saling terkait yang dinamakan (11) ____________________ Piramida abstrak yang menggambarkan komposisi komponen biotik penyusun suatu ekosistem disebut (12) ____________________ Piramida tersebut dibagi menjadi 3 macam, yaitu (13) ____________________,(14) ____________________, dan (15) ____________________.


SOAL JAWABAN SINGKAT
(SHORT ANSWER ITEM)

Nama   : _______________________
Absen  : _____
Waktu             : (10 menit)

Isilah soal berikut dengan jawaban yang singkat dan benar.
Daur berlangsungnya penggunaan dan pelepasan unsur anorganik esensial bagi tubuh yang melibatkan peristiwa biologis, geologis, dan kimia dinamakan (1) ____________________, misalnya seperti daur fosfor (P), daur oksigen (O2), daur karbon (C), daur nitrogen (N), daur sulfur (S), dan daur air. Unsur anorganik ada yang mengalami fase bentuk gas dan ada pula yang tidak. Unsur anorganik yang tidak membentuk gas di udara mengikuti daur (2)____________________, sedangkan unsur anorganik yang mengalami fase berbentuk gas di udara mengikuti  (3) ____________________.  Pada daur karbon (C), karbon di udara tersedia dalam bentuk senyawa (4) ____________________. Pada daur N, terdapat jenis bakteri (5) ____________________ yang dapat mengikat nitrogen bebas dari udara. Fenomena hujan asam termasuk dalam daur (6) ____________________. Salah satu fungsi dari fosfor adalah (7) ____________________. Fungsi utama oksigen dalam kehidupan berperan dalam proses (8) ____________________. Di dalam air, oksigen dapat digunakan oleh hewan air dalam bentuk (9) ____________________. Unsur (10) ____________________ adalah unsur anorganik yang paling banyak di udara.


SOAL esai

Nama   : _______________________
Absen  : _____
Waktu             : (10 menit)

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan baik dan benar.
1.      Buatlah satu skema dari jaring-jaring makanan berikut:
a.       Ekosistem sawah
b.      Ekosistem hutan
c.       Ekosistem air tawar
d.      ekosistem air laut
2.  Pada tahun 2011, beberapa kabupaten dan kota-kota besar di indonesia diserang oleh ledakan populasi ulat bulu. Para peneliti menduga ledakan populasi ulat bulu ini diakibatkan oleh perubahan iklim yang ekstrim dan terputusnya rantai makanan. Berikan penjelasan dasar relevansi dampak terputusnya rantai makanan dengan keseimbangan ekosistem berdasarkan informasi di atas. 
3. Bentuk piramida makanan disamping menunjukkan indikasi jumlah relatif individu dan jumlah energi yang terlibat pada setiap tingkat. Uraikan bagaimana hubungan antara jumlah relatif individu dan penggunaan energi pada tiap tingkat trofik.
4.      Jelaskan salah satu dari daur biogeokimia berikut:
a.       daur Nitrogen
b.      daur Karbon
c.       daur Sulfur/belerang
5.   Jelaskan berbagai peran mikroorganisme dalam daur biogeokimia dan berikan contohnya!


1 komentar: