DAUR SULFUR/BELERANG (S)


Kompetensi Dasar :
Mendeskripsikan peran ekosistem dalam aliran energi dan daur biogeokimia

Tujuan:
Siswa dapat menjelaskan konsep daur sulfur melalui skema
Siswa dapat menyebutkan peranan daur sulfur
________________________________________________________________________________


A. SULFUR
Seperti apa sih belerang itu?
Pernahkah kalian berwisata ke kawah ijen? Jika kalian berkunjung ke sana, kalian akan melihat aktivitas warga yang sibuk menambang belerang. Di sekitar kawah ijen, aktivitas menambang belerang menjadi sumber mata pencarian sebagian masyarakat.




Gambar S.1 Penambang batubara di kawasan Ijen

Atau pernahkah kalian melihat genangan lumpur Lapindo di Sidoarjo? Di atas permukaan lumpur sering terlihat gelembung gas yang menyembul. Gas-gas tersebut berbau busuk karena mengandung belerang, yaitu hidrogen sulfida (H2S). selain berbau busuk gas sulfida juga beracun.


Nah, sekarang mulai tahu kan belerang atau sulfur seperti apa. 

Unsur kimia belerang atau sulfur disimbolkan dengan huruf “S” (sulfur). Belerang bisa ditemui di alam dalam bentuk padatan seperti di kawah ijen. Ada yang berbentuk gas seperti hidrogen sulfida (H2S). Ada juga yang terlarut dalam air sebagai ion sulfat (SO4). Tumbuhan hanya bisa menyerap sulfur dalam bentuk ion sulfat. 




Gambar S.2 Sulfur atau belerang

B. FUNGSI DAN MANFAAT SULFUR

Apa saja manfaat sulfur atau belerang?
Bubuk belerang biasa digunakan sebagian masyarakat sebagai obat penyakit kulit seperti gudik, panu, kadas, kurap, dll. Di tempat-tempat pemandian mata air panas sering dijadikan sarana pengobatan alteratif bagi penderita penyakit kulit. Coba kalian cari mengapa sulfur bisa dimaanfaatkan untuk kulit.

Di bidang pertanian, belerang adalah unsur makro yang penting bagi pertumbuhan tanaman yaitu sebagai salah satu penyusun protein. Tanaman yang kekurangan unsur S akan terganggu pertumbuhannya dan rentan terhadap gangguan hama dan penyakit. Kekurangan S pada tanaman dapat dipenuhi dengan mengaplikasikan pupuk yang kaya kandungan sulfur, seperti ZA (Zwavel ammonium) dengan kandungan sulfur hingga 24%, 





Gambar S.3 Fungsi sulfur (a) obat penyakit kulit gudik, (b) pupuk ZA 
mengandung sulfur, (c) bau sulfur sebagai indikator tabung gas yang bocor

Di bidang industri, gas belerang dapat digunakan sebagai indikator kebocoran tabung gas. Pernahkah kalian mencium bau busuk gas elpiji di dapur?  (Wah bahaya itu! Jangan memantik api dulu sampai gas-gas itu keluar rumah. Buka jendela dan pintu supaya udara segar masuk memenuhi ruang.) Tabung elpiji sebenarnya mengandung gas metana yang tidak terlihat dan tidak berbau sehingga bisa berbahaya bila tabung gas bocor. Perusahaan industri sengaja memasukkan campuran sulfida busuk agar gas elpiji yang bocor tercium. Dengan begitu pengguna gas elpiji bisa langsung melakukan tindakan pengamanan.



C. SUMBER SULFUR


Di mana saja sulfur bisa ditemukan?

Belerang batuan bisa ditemukan di beberapa kawah gunung seperti kawah gunung ijen. Sedangkan gas sulfur dioksida biasa terdapat pada gunung berapi yang mengeluarkan gas. Pada bahan bakar fosil juga ditemukan senyawa sulfur. Bahan bakar fosil yang paling banyak mengandung sulfur adalah batubara. Senyawa sulfur juga terdapat pada industri peleburan bijih besi yang mengandung senyawa sulfur dan pemrosesan bubur kayu (pulp). 




Gambar S.4 Gunung ijen mengandung sulfur


D. DAUR SULFUR


Unsur belerang adalah unsur yang tetap jumlahnya di bumi, tidak bertambah maupun berkurang. Dalam pemanfaatannya belerang mengalami siklus yang disebut siklus atau daur belerang. 





Gambar S.5 Daur Sulfur


1. Erupsi gunung api, kendaraan bermotor dan pabrik yang menggunakan bahan bakar fosil menghasilkan gas sulfur ke udara seperti H2S, dimetil sulfida (CH3SCH3), SO2, dan SO4. 


2. Gas-gas yang mengandung sulfur di atmosfer bereaksi dengan awan dan turun bersama hujan dalam bentuk ion-ion sulfat. Peristiwa ini disebut dengan hujan asam. Hujan asam memiliki pH rendah dibawah 5,7. Awas! Hujan asam bersifat korosif pada bangunan dan logam. Kandungan sulfat yang tinggi pada hujan asam dapat mengancam kehidupan organisme. Banyak organisme terutama tumbuhan mati karena hujan asam.

3. Tumbuhan menyerap sulfat anorganikdari dalam tanah dan menggunakannya untuk mensintesa protein. Sementara itu hewan mendapatkan kebutuhan sulfat organik dengan memakan tumbuhan (melalui rantai makanan).

4. Baik hewan maupun tumbuhan akan mati dan jasadnya diurai oleh dekomposer. Sisa jasad hewan dan tumbuhan yang mati secara aerob terurai membentuk sulfat anorganik lagi. 

5. Bila proses penguraiannya terjadi secara anaerob maka akan terbentuk senyawa sulfida yang busuk dan beracun. Senyawa busuk ini juga dihasilkan secara anaerob dari reduksi sulfat oleh bakteri sulfur. Contoh bakteri sulfur misalnya Sulfolobus sp., jenis bakteri termofilik yang suka hidup di habitat ekstrim dengan suhu 60°-80°C (hidup di mata air belerang).

6. Ada juga bakteri yang merugikan kesuburan tanah karena mengubah sulfat menjadi asam sulfida sampai menjadi belerang. Proses ini dikenal dengan desulfurikasi. Contoh bakteri yang tersebut adalah Spirrillum desulfuricant. 

7. Jasad mati makhluk hidup yang tertimbun selama berjuta-juta tahun menjadi bahan bakar fosil yang mengandung sulfur. Gas sulfur akan dihasilkan tiap kali terjadi bahan bakar fosil digunakan.


8. Sulfat yang larut di perairan juga bisa naik ke atmosfer saat terjadi penguapan (daur hidrologi).    

Perhatikan video daur sulfur berikut ini. Download




Video S.1 Daur Sulfur

E. RINGKASAN 



  • Belerang bisa ditemui di alam dalam bentuk padatan, gas, dan sebagai ion sulfat (SO4).
  • Tumbuhan hanya bisa menyerap sulfur dalam bentuk ion sulfat.
  • Belerang memiliki fungsi dan manfaat penting bagi kehidupan. Belerang adalah salah satu unsur penyusun protein. Belerang juga dapat digunakan sebagai obat kulit, pupuk, dan indikator pengamanan tabung gas elpiji.
  • Kandungan belerang yang tinggi di udara dapat menyebabkan hujan asam yang berbahaya bagi kehidupan organisme di bumi.

Download materi daur sulfur dalam bentuk PDF.


F. REFERENSI 


Buku

  • Sri Pujianto. 2011.  Buku biologi “Menjelajah Dunia Biologi 1”. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri
  • Istamar Syamsuri. 2005. Buku biologi SMU Jilid 1B. Jakarta : Erlangga

Buku Sekolah Elektronik 


  • Idun, Kistinah. 2009. Biologi 1 : Makhluk Hidup dan Lingkungannya Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
  • Fictor Ferdinand P. 2009. Praktis Belajar Biologi 1. Untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Herni Budiati. 2009. Biologi: untuk SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Rikky Firmansyah. 2009. Mudah dan Aktif Belajar Biologi 1: untuk Kelas X Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah Program Ilmu Pengetahuan Alam. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Sri Widiyati. 2009. Biologi: SMA dan MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Subardi. 2009. Biologi 1: untuk Kelas X SMA/MA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional
  • Riana Yani. 2009. Biologi 1: Kelas X SMA dan MA. Jakarta : Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional

Gambar 

  • S.1 : http://spegasurabaya.files.wordpress.com/2012/11/penambang.jpg
  • S.2 : http://2.bp.blogspot.com/ 
  • S.3 : http://ksrpgsdunnes.blogspot.com/2013/09/skabiesgudik-penyakit-kulit-penggang.html
    • http://1.bp.blogspot.com/-il5UIScUKlc/TrCXAcghlFI/AAAAAAAABtw/oQkeO64k2aQ/s400/ZA%2BKEBO%2BMAS.png
    • http://mahendrawijaya.blogspot.com/2010/08/waspadai-tabung-gas-palsu.html
  • S.4 : http://blog.kliktoday.com/wp-content/uploads/kawah.jpg
  • S.5 : www.biosmadaj.blogspot.com




G. LATIHAN SOAL

Kerjakan soal-soal di bawah ini dengan benar.

1. Sebutkan sumber-sumber sulfur di alam.

2. Jelaskan mengapa sulfur digunakan sebagai indikator kebocoran pada tabung gas?
3. Apa peranan sulfur dalam kegiatan pertanian?
4. Gambarkan Skema daur sulfur dan berilah penjelasan secara singkat.
5. Jelaskan apa yang dimaksud dengan desulfurikasi dan sebutkan organisme yang berperan di dalamnya.

5 komentar:

Terima kasih artikelnya, lengkap dan jelas

Terima kasih pdf dan videonya

Terima Kasih Banyak,, artikel ini sangat bermanfaat,, saya izin untuk meminta video dan pdf nya ya,, untuk bahan presentasi di sekolah

Terimakasih sangat bermanfaat^^

Sangat bermanfaat. Tapi,dengan background berwarna merah dan tulisan berwarna hijau membuat pembaca kesulitan dalam memahami isi dari artikel ini. Terimakasih.